Apriliani, Apriliani (2017) Analisis Preferensi Merek Shampo Berdasarakan Presepsi Konsumen (Tinjauan pada Shampo merek Sunsilk, Dove dan Pantene). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB I.pdf
Download (201kB)
BAB VI.pdf
Download (214kB)
perpus fultex.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Indonesia merupakan pasar yang potensial dan menggairahkan bagi
produk-produk untuk solusi perlengkapan/kebutuhan sehari-hari. Kita melihat
iklannya yang ditayangkan dilayar kaca setiap hari, atau tercetak diberbagai media
masa. Banyak merek shampo yang bermunculan dengan berbagai varian dan
kemasan yang menarik perhatian konsumen. Hal tersebut merupakan peluang
pasar yang cukup besar bagi perusahaan-perusahaan shampo berkembang
diseluruh Indonesia. Presepsi pelanggan atas produk yang mereka terima
kadangkala tidak sesuai dengan apa yang dipersepsikan oleh pihak manajemen.
Pada satu sisi pihak manajemen mengganggap bahwa kinerja yang mereka
berikan telah optimal dan sesuai dengan harapan pelanggan, namun disi lain yaitu
pelanggan beranggapan bahwa produk yang yang ditawarkan masih kurang atau
tidak sesuai dengan harapan mereka.Perbedaan presepsi inilah yang menciptakan
kesenjangan antara pihak manajemen dengan pelanggan secara otomatis20
melahirkan perbedaan presepsi tentang produk yang diberikan sehingga
mempengaruhi keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat preferensi merek
shampo produk Sunsilk, Dove, Pantene dan penelitian ini juga dimaksudkan untuk
mengetahui kualitas atribut produk shampo yang menjadi preferensi atau
kesukaan konsumen di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Metode dasar yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Lokasi penelitian ini
adalah kampus 1 Universitas Mercu Buana Yogyakarta dengan 100 responden
sebagai data sampel. Data yang digunakan adalah primer dan sekunder melalui
data kuesioner, dokumentasi atau kepustakaan, wawancara dan observasi. Alat
yang digunakan adalah mean arithmetic dan preferensi model compensantory.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan alat mean arithmetic dan
preferensi model compensantory, hasil yang ditunjukan preferensi merek produk
shampo Sunsilk sebesar 32.22, preferensi merek produk shampo Dove sebesar
33.26, dan preferensi merek produk shampo Pantene sebesar 33.17. dari hasil
tersebut dapat diketahui bahwa preferensi konsumen terhadap produk shampo
Dove lebih tinggi dibandingkan preferensi konsumen produk shampo Sunsilk dan
Pantene
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Presepsi konsumen, Atribut produk, Preferensi Merek |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 06:31 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 06:31 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/19574 |