HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA MUHAMMADIYAH JAYAPURA

Buana, Yudha Dharma (2014) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA MUHAMMADIYAH JAYAPURA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.docx

Download (18kB)
[thumbnail of Full teks] Text (Full teks)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan kematangan
karir siswa SMA Muhammadiyah Jayapura. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan
kematangan karir pada siswa SMA Muhammadiyah Jayapura. Semakin tinggi
efikasi diri maka semakin tinggi kematangan karirnya dan sebaliknya. Subjek
penelitian diambil menggunakan teknik sampling jenuh atau istilah lain adalah
sensus sebanyak 106 orang. Karakteristik subjek berumur 15-18 tahun dan
bersekolah di SMA Muhammadiyah Jayapura. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode skala yakni Skala Efikasi diri dan Skala
Kematangan Karir. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi
product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan nilai r = 0,606 (p <
0,01). Berdasarkan hasil korelasi tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat
hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan kematangan
karir siswa SMA Muhammadiyah Jayapura, sehingga hipotesis yang diajukan
dapat diterima. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa variabel efikasi diri
memberikan sumbangan sebesar r² = 0,367 atau 36,7% terhadap kematangan karir
siswa SMA Muhammadiyah Jayapura.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: efikasi diri, kematangan karir, siswa SMA Muhammadiyah Jayapura
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 31 Oct 2024 05:16
Last Modified: 31 Oct 2024 05:16
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20051

Actions (login required)

View Item
View Item