LISTIANA, SUSANTI PURBO (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS X MIA 4 DI SMA NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
abstrak.docx
Download (15kB)
skripsi susanti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik melalui penerapan model pembelajaran active learning tipe quiz team
pada materi statistika kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Sedayu tahun ajaran
2013/2014 (2) mengetahui proses pelaksanaan model pembelajaran active
learning tipe quiz team pada pembelajaran matematika materi statistika yang
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research), obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 4 SMA
Negeri 1 Sedayu dengan jumlah peserta didik 33 yang terdiri dari 10 putra dan 23
putri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan
model pembelajaran
active
learning tipe quiz team. Pengumpulan data
menggunakan lembar observasi, soal pre test dan soal pos test pada setiap siklus.
Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini
dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra penelitian, siklus I dan siklus II.
Pada tahap pra penelitian diambil dari dokumen nilai ulangan harian peserta didik
kelas X MIA 4, rata-rata hasil belajar 72,58 dengan ketuntasan klasikal
57,57%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan, rata-rata hasil belajar
83,19 dengan ketuntasan klasikal 74,19% dan keterlaksanaan pembelajaran
60%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 92,27
dengan ketuntasan klasikal 100% dan keterlaksanaan pembelajaran 84,4%. Dari
tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model
pembelajaran active learning tipe quiz team dengan sebelumnya.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa ada
peningkatan hasil belajar peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran
melalui model pembelajaran active learning tipe quiz team pada materi statistika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keyword : active learning tipe quiz team, hasil belajar matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 07:32 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:32 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20086 |