IMPROVING THE TENTH GRADE STUDENTS’ WRITING SKILL BY USING PICTURE SERIES (A Classroom action research conducted at the tenth graders of SMA N 1 Sedayu, Yogyakarta)

Pratiwi, Dwi (2014) IMPROVING THE TENTH GRADE STUDENTS’ WRITING SKILL BY USING PICTURE SERIES (A Classroom action research conducted at the tenth graders of SMA N 1 Sedayu, Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Sebagai bahasa asing, bahasa Inggris tidak mudah dipelajari oleh murid –
murid di setiap tingkatan. Banyak murid yang tidak bisa mengikuti materi karena
mereka mempunyai anggapan bahwa belajar bahasa Inggris sangat susah bagi
mereka. Ada empat keterampilan utama dalam mengajar bahasa Inggris, yaitu:
mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Menulis adalah salah satu
komponen penting dalam keterampilan bahasa. Di sisi lain, hal tersebut dianggap
susah oleh pembelajar termasuk siswa SMA N 1 Sedayu khususnya kelas X IIS 3.
Pencapaian menulis siswa masih rendah. Mereka takut salah dalam menulis.
Untuk mengatasi masalah ini, peneliti melakukan tindakan penelitian kelas.
Penelitian ini dimaksudkan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis siswa
dengan menggunakan gambar seri; (2) menganalisis sejauh mana ketertarikan siswa
dalam kemampuan menulis teks recount menggunakan gambar seri; (3) mencari tahu
minat siswa dalam kegiatan menulis menggunakan media gambar seri. Penelitian ini
melibatkan 32 murid kelas X SMA N 1 Sedayu. Dalam penelitian ini, untuk
mendapatkan data, peneliti memberikan kuesioner, melakukan observasi, wawancara,
dan tes.
Sebuah penelitian tindakan kelas digunakan dalam penelitian ini untuk
mengatasi siswa dalam belajar bahasa Inggris khususnya keterampilan menulis. Hasil
penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan menulis siswa menggunakan
gambar seri berdasarkan penelitian yang tersedia. Rata – rata pre-test dan post-test
menunjukkan jumlah yang berbeda. Rata-rata nilai pre-test adalah 61 yang mana
masih rendah karena nilai KKM adalah 75. Siswa perlu meningkatkan kemampuan
menulis mereka. Setelah peneliti melakukan pengajaran selanjutnya, peneliti
melakukan post-test dan rata – rata nilainya naik menjadi 77.7. Disamping itu, siswa
juga menunjukkan ketertarikannya dalam mempelajari bahasa Inggris khususnya
pada keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: menulis, gambar seri, penelitian tindakan kelas
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:35
Last Modified: 01 Nov 2024 03:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item
View Item