MELANIE, MELANIE (2015) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIIB SMP MUHAMMADIYAH PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa
SMP kelas VIIB Muhammadiyah Piyungan.Hasil penelitian ini diharapkan
menjadi motivasi bagi siswa dan guru agar lebih berpikir kreatif dalam
pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
dengan subyek penelitian kelas VIIB SMP Muhammadiyah Piyungan tahun ajaran
2014/2015. Jumlah siswa 28 orang. Penelitian tindakan kelas terlaksanadalam 2
siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, siklus II terdiri dari dua kali
pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara siswa,
catatan lapangan , dan hasil angket berpikir kreatif siswa.
Pelaksanaan metode adalah guru dan peneliti berperan sebagai kolaborator,
pengumpulan data dilakukakan menggunakan lembarangket, lembar observasi,
catatan lapangan, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dilakukan secara
deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahap,yaitu tahap reduksi data,
trianggulasi, dan display data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan
Open-ended ternyata dapat meningkatkan berpikir kreatif sebesar 15,83% dalam
pembelajaran matematika kelas VIIB SMP Muhammadiyah Piyungan. Hal ini
ditunjukan dengan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open
ended terus meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 16,42% pada lembar
observasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 04:18 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 04:18 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20187 |