Prabukasa, Ariqghifari (2024) MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) REJOWINANGUN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG KAMPUNG WISATA REJOWINANGUN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (77kB)
BAB 1.pdf
Download (220kB)
BAB V.pdf
Download (142kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (140kB)
SKRIPSI_ARIQGHIFARI PRABUKASA 190710261.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (34kB) | Request a copy
Abstract
Pemanfaatan potensi wilayah baik berupa daya tarik alam, kehidupan sosial budaya masyarakat, seni budaya dan tradisi, kerajinan dan kuliner diperlukan program pengembangan kampung wisata di wilayah Kota Yogyakarta. Kampung Wisata Rejowinangun tergolong wisata rintisan sehingga diperlukan startegi komunikasi pemasaran yang baik guna meningkatkan popularitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam bagaimana manajemen komunikasi pemasaran Kampung Wisata Rejowinangun dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung Kampung Wisata Rejowinangun Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, akurat berdasarkan fakta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, display data, analisis data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan kampung Wisata Rejowinangun telah melakukan langkah pemasaran sesuai dengan fungsi manajemen komunikasi (POAC) yakni Planning, organizing, Actuating, Controlling yang di elaborasikan dengan bauran pemasaran (4P) yakni Product, Price, Place, Promotion. Peran Pokdarwis dalam menjalankan pengelolaan POAC yaitu Pokdarwis telah membuat perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang. Pokdarwis dalam menjalankan organisasi disesuaikan dengan pembagian tugas dan tanggung jawab anggota meskipun ada beberapa elemen yang kurang maksimal dalam penerapannya. Pada penggerakkan Pokdarwis memaksimalkan pemasaran produk kampung wisata mempergunakan berbagai instrument ketika melaksanakan promosi. Penerapan evaluasi dirasa menjadi tolak ukur yang juga penting untuk mengetahui sejauh mana promosi yang dilakukan untuk perkembangan destinasi wisata agar jumlah pengunjung meningkat..
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, komunikasi pemasaran, Kelompok sadar wisata, jumlah pengunjung, Kampung Wisata Rejowinangun |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 05:38 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 05:38 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20350 |