PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @VISITINGJOGJA SEBAGAI STRATEGI PROMOSI WISATA MUSEUM OLEH DINAS PARIWISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Wardhana, Ahmad Sergi (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @VISITINGJOGJA SEBAGAI STRATEGI PROMOSI WISATA MUSEUM OLEH DINAS PARIWISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI_AHMAD SERGI W_200710320.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya internet dan media sosial membawa peradaban manusia semakin maju dan berkembang. Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan YouTube menjadi platform yang populer dan paling sering digunakan untuk berinteraksi, berbagi informasi, dan berbisnis. Hadirnya media sosial juga dapat membuka peluang pada industri pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram @visitingjogja sebagai strategi promosi wisata museum yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun instagram @visitingjogja cukup aktif dalam membagikan postingan melalui feeds dan stories. Konten promosi wisata museum diunggah saat suatu museum mengadakan sebuah event dan atau jika pihak museum yang mengajukan kerja-sama publikasi. Dalam publikasi wisata museum, @visitingjogja cukup sering berkolaborasi dengan influencers ataupun komunitas-komunitas terkait museum menggunakan fitur postingan bersama. Optimalisasi dilakukan dengan memperbanyak konten video reels dan melakukan komunikasi dua arah dengan pengikutnya. Selain itu @visitingjogja juga memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang ada di instagram seperti hashtag dan insight sebagai alat untuk media monitoring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Instagram, Promosi pariwisata, Museum.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:07
Last Modified: 08 Jan 2025 06:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20431

Actions (login required)

View Item
View Item