Dewi, Ni Putu Liyonni Ari (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE BERBASIS MEDIA SOSIAL MENGENAI KESADARAN PEDULI LINGKUNGAN OLEH EARTH HOUR YOGYAKARTA PASCA COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK (ID&EN).pdf
Download (87kB)
BAB I.pdf
Download (335kB)
BAB V.pdf
Download (39kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (62kB)
FULL BAB_Ni Putu Liyonni Ari Dewi_190710002.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
(Naskah Publikasi) Ni Putu Liyonni Ari Dewi_190710002.docx
Restricted to Repository staff only
Download (27kB) | Request a copy
Abstract
Saat ini, isu lingkungan sudah menjadi isu global, berbagai kerusakan yang terjadi di bumi sudah menjadi perhatian serius banyak pihak. Banyak bermunculan organisasi, komunitas dan juga gerakan massa yang peduli terhadap isu lingkungan, salah satunya adalah gerakan Earth Hour. Earth Hour adalah sebuah gerakan global yang pada awalnya mengkampanyekan penghematan energi dengan acara puncaknya dengan mematikan listrik selama 60 menit pada akhir bulan Maret setiap tahunnya. Gerakan Earth Hour tersebar di 153 negara di seluruh dunia dan 28 kota di Indonesia. saat ini juga merambat untuk mengkampanyekan berbagai permasahana lingkungan di sekitar kita.
Pada penelitian ini berfokus membahas gerakan Earth Hour yang berada di Yogyakarta, tentang strategi komunikasi yang digunakan pada kampanye-kampanye untuk memberikan edukasi mengenai gaya hidup peduli lingkungan berbasis media sosial Instagram dan menyasar gen Z untuk terlibat pasca terjadinya Pandemi Covid-19. Dengan strategi yang mulai dari tahap perencanaannya, pengembangan hingga keterlibatan anak-anak muda Gen Z dalam menaggapi isu lingkungan saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa sosial media Instagram berperan penting dalam melaksanakan kampanye digital berbasis media sosial untuk menggapai perhatian audiens Gen Z tentang menanamkan kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan setelah Pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, Kampanye Earth Hour, Gen Z |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:00 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:00 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20504 |