STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE BERBASIS MEDIA SOSIAL MENGENAI KESADARAN PEDULI LINGKUNGAN OLEH EARTH HOUR YOGYAKARTA PASCA COVID-19

Dewi, Ni Putu Liyonni Ari (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE BERBASIS MEDIA SOSIAL MENGENAI KESADARAN PEDULI LINGKUNGAN OLEH EARTH HOUR YOGYAKARTA PASCA COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (ID&EN).pdf

Download (87kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL BAB_Ni Putu Liyonni Ari Dewi_190710002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
(Naskah Publikasi) Ni Putu Liyonni Ari Dewi_190710002.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, isu lingkungan sudah menjadi isu global, berbagai kerusakan yang terjadi di bumi sudah menjadi perhatian serius banyak pihak. Banyak bermunculan organisasi, komunitas dan juga gerakan massa yang peduli terhadap isu lingkungan, salah satunya adalah gerakan Earth Hour. Earth Hour adalah sebuah gerakan global yang pada awalnya mengkampanyekan penghematan energi dengan acara puncaknya dengan mematikan listrik selama 60 menit pada akhir bulan Maret setiap tahunnya. Gerakan Earth Hour tersebar di 153 negara di seluruh dunia dan 28 kota di Indonesia. saat ini juga merambat untuk mengkampanyekan berbagai permasahana lingkungan di sekitar kita.
Pada penelitian ini berfokus membahas gerakan Earth Hour yang berada di Yogyakarta, tentang strategi komunikasi yang digunakan pada kampanye-kampanye untuk memberikan edukasi mengenai gaya hidup peduli lingkungan berbasis media sosial Instagram dan menyasar gen Z untuk terlibat pasca terjadinya Pandemi Covid-19. Dengan strategi yang mulai dari tahap perencanaannya, pengembangan hingga keterlibatan anak-anak muda Gen Z dalam menaggapi isu lingkungan saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa sosial media Instagram berperan penting dalam melaksanakan kampanye digital berbasis media sosial untuk menggapai perhatian audiens Gen Z tentang menanamkan kebiasaan gaya hidup ramah lingkungan setelah Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Kampanye Earth Hour, Gen Z
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:00
Last Modified: 08 Jan 2025 06:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20504

Actions (login required)

View Item
View Item