Wacana Golput Pada Film “Sexy Killers” (Analisis Wacana Golput Dalam Film Dokumenter “Sexy Killers” Produksi Watchdoc Image)

Chaniago, Pahlawan (2023) Wacana Golput Pada Film “Sexy Killers” (Analisis Wacana Golput Dalam Film Dokumenter “Sexy Killers” Produksi Watchdoc Image). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (59kB)

Abstract

Film dokumenter "Sexy Killers" mengangkat isu dampak negatif energi listrik terhadap masyarakat sekitar. Film ini menyingkap sosok penguasa perusahaan tambang dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang turut mencalonkan diri dalam pemilu 2019. Temuan ini memicu wacana Golput terhadap kandidat pemilu 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana Teun A. Van Dijk, yang melibatkan dimensi Teks, Kognisi Sosial, dan Konteks Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana Golput disampaikan melalui narasi film yang menggambarkan dampak energi listrik pada masyarakat, dengan pemerintah menjadi pihak bertanggung jawab. Wacana ini dibangun atas dukungan pembuat teks terhadap masyarakat terdampak, dengan narasi sebagai pembatas tafsir. Praktik kontrol kekuasaan, seperti pemutaran bersama, diskusi, dan analisis film, digunakan untuk mendapatkan perhatian luas terhadap film ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana, Golput, Film Sexy Killers
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:58
Last Modified: 03 Aug 2023 03:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20537

Actions (login required)

View Item
View Item