KARYA FILM PENDEK “ASA DI TENGAH PANDEMI” (FENOMENA KESENJANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19)

Ihsan, Yudhi Cholikul (2023) KARYA FILM PENDEK “ASA DI TENGAH PANDEMI” (FENOMENA KESENJANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Asa Di Tengah Pandemi edited.docx

Download (149kB)

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 banyak hal-hal baru yang terjadi serta menjadikan ini sebagai kendala/permasalahan. Permasalahan ini muncul ketika kebijakan-kebijakan yang diterapkan seperti halnya Lockdown dan pembatasan akses diberbagai daerah di Indonesia. Kasus pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor Pendidikan, hal baru yang diterapkan oleh pemerintah menjadi sebuah tantangan untuk mewujudkannya. Penggunaan teknologi dalam menunjang pembelajaran daring merupakan salah satu cara yang tepat. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua pelajar memiliki kemampuan yang sama. Kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya di lakukan tatap muka di dalam kelas, sekarang menjadi pembelajaran secara daring (dalam jaringan
Penelitian ini membahas bagaimana pendidikan menyikapi proses pembelajaran secara daring dengan mempertimbangkan kesenjangan sosial yang terjadi dikalangan pelajar. Kesenjangan dalam dunia pendidikan ialah berkaitan dengan pemerataan fasilitas sarana dan prasarana yang cenderung hanya dapat dirasakan oleh segelintir orang saja. Adanya pendekatan oleh Pendidik terhadap Siswanya membuat semua anak merasa mendapatkan hak yang sama. Strategi yang dibuat oleh Pendidik berguna sebagai pola dalam pembelajaran yang dipilih yaitu Daring. Dukungan antarsiswa juga dapat menumbuhkan jiwa harmonis sehingga Pendidik dan Siswa bersinergi dalam mencapai tujuan yang sama. Pendidik yang bertujuan memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien serta Siswa yang mendapatkan hak pendidikan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kesenjangan Teknologi, Pendidikan, Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:48
Last Modified: 03 Aug 2023 01:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item
View Item