Puspitasari, Amelia Septiani (2024) TUNAS HARAPAN DI BANTAR GEBANG (ORIENTASI MASA DEPAN ANAK ANAK DI TENGAH KRISISNYA PENDIDIKAN DI BANTAR GEBANG MELALUI SEKOLAH ALAM TUNAS MULIA BANTAR GEBANG). Skripsi Aplikatif thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (73kB)
BAB I.pdf
Download (159kB)
BAB V.pdf
Download (92kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (84kB)
Skripsi Aplikatif_Amelia Septiani Puspitasari_200710202_Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Naskah Publikasi Amelia Septiani Puspitasari.docx
Download (444kB)
Tunas Harapan di Bantar Gebang.mp4
Restricted to Repository staff only
Download (2GB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan merupakan fondasi penting untuk membangun masyarakat yang berpengetahuan dan kompetitif. Pendekatan inovatif terhadap pendidikan adalah Sekolah Alam, yang menggabungkan pendidikan formal dan kegiatan berbasis alam untuk menciptakan pengalaman belajar holistic. Sekolah Alam Tunas Mulia di Bantar Gebang adalah salah satu contoh lembaga pendidikan yang menerapkan pendekatan ini. Terletak di kawasan yang terkenal dengan kawasan pemukiman dekat tempat pembuangan sampah, sekolah ini memberikan pendidikan yang komprehensif dan bermakna bagi anak-anak setempat. Tujuan utama Sekolah Alam Tunas Mulia adalah memberikan pendidikan yang layak dan berkualitas kepada anak-anak di wilayah Bantar Gebang dengan penekanan pada pengembangan karakter, keterampilan hidup dan kesadaran lingkungan. Kurikulum sekolah dirancang untuk menggabungkan pembelajaran akademis dengan kegiatan luar ruangan seperti pertanian, konservasi, dan pembelajaran berbasis proyek. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemikiran kritis, kreativitas, dan keterampilan kerja tim pada siswa. Selain itu, Sekolah Alam Tunas Mulia juga berperan dalam pemberdayaan komunitas dengan melibatkan orang tua dan masyarakat dalam berbagai kegiatan sekolah. Sekolah ini mengeksplorasi efektivitas pendekatan pendidikan yang diterapkan di Sekolah Alam Tunas Mulia, serta dampaknya terhadap perkembangan akademis dan karakter siswa. Metode penelitian meliputi observasi lapangan, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis data Aplikatif. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan tentang keunggulan dan tantangan dalam implementasi pendidikan sekolah alam di kawasan urban yang kurang beruntung.
Item Type: | Thesis (Skripsi Aplikatif) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Sekolah Alam, Bantar Gebang, Pengembangan Karakter, Kesadaran Lingkungan, Pemberdayaan Komunitas |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 06:21 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 06:21 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20558 |