Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR)  berbasis Community Relations pada CV. Rezki Abadi-Kota Balikpapan

Tampara, Armenina Tasya (2023) Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR)  berbasis Community Relations pada CV. Rezki Abadi-Kota Balikpapan. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Armenina Tasya Tampara_190710293 (Implementasi Corporate Social Responsibility (.doc

Download (54kB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kegiatan yang muncul dengan tujuan mewujudkan kesejahteraan lingkungan dan sosial. Kegiatan ini digolongkan dalam sebuah program yang dilaksanakan oleh perusahaan atau organisasi dalam memenuhi tanggung jawab terhadap kesejahteraan lingkungan dan sosial. Perubahan zaman menjadikan implementasi dari Corporate Social Responsibility (CSR) akhirnya perlu memperhatikan kesejahteraan masyarakat secara lebih lanjut dengan menempatkan masyarakat sebagai bagian dari perusahaan tersebut, diartikan sebagai Community Relations. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalis implementasi dari penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) berbasis Community Relations di CV. Rezki Abadi kemudian dilihat aspek CSR dalam dimensi hubungan organisasi dengan komunitas yaitu Community Involvement, Community Investment, Community. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis data primer dan skunder melalui proses wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan berhasil mengintegrasikan CSR ke dalam strategi bisnis mereka dan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat sekitar dengan melakukan program kerja berupa kegiatan amal, kontribusi pendanaan pembangunan fasilitas umum, pemberdayaan karyawan, membuka lapangan pekerjaan, dan supplier program. Dimana dalam setiap progam kerja, mengindikasikan adanya bentuk implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) berbasis Community Involvement, Community Investment, dan Community Commitment, terkecuali pada program yang sasarannya adalah internal perusahaan dan tidak melibatkan komunitas luas (masyarakat).

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Community Relations, CV. Rezki Abadi Kota Balikpapan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:58
Last Modified: 07 Aug 2023 01:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20567

Actions (login required)

View Item
View Item