Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Humblebragging Di Media Sosial Pada Individu Dewasa Awal

Wulandari, Anggun (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Humblebragging Di Media Sosial Pada Individu Dewasa Awal. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
15.18081247_Anggun Wulandari_Naskah Publikasi (2).docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi humblebragging di media sosial yang dilatarbelakangi oleh adanya dampak humblebragging di kalangan individu dewasa awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Bertujuan untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang menyebabkan individu melakukan humblebragging. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini merupakan dua partisipan dari Pati, satu partisipan dari Lembata dan satu partisipan dari Yogyakarta. Hasil dari penelitian adalah faktor-faktor yang menyebabkan humblebragging adalah keinginan untuk menampilkan kesan yang bagus di media sosial, keinginan untuk mendapatkan pujian dan pengakuan dari orang terdekat,keinginan individu dalam menarik perhatian oranglain dan meniru teman sebaya. Selain faktor ditemukan juga dinamika psikologis individu yang melakukan humblebragging, yaitu pengalaman yang tidak menyenangkan, timbulnya emosi positif dan sebagai media untuk mencapai harapan individu.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Humblebragging, Media Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:47
Last Modified: 07 Aug 2023 02:47
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20705

Actions (login required)

View Item
View Item