HUBUNGAN ANTARA LONELINESS DENGAN ADIKSI GAME ONLINE PADA REMAJA AKHIR

Azizah, Iva Habitul (2024) HUBUNGAN ANTARA LONELINESS DENGAN ADIKSI GAME ONLINE PADA REMAJA AKHIR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
3_BAB I.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
7_BAB V.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT_IVA HIBATUL AZIZAH_190810378.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI IVA HIBATUL AZIZAH_190810378.docx
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja adalah masa periode perkembangan antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Remaja akhir merupakan kelompok yang paling banyak menggunakan teknologi internet untuk bermain game online. Adiksi game online dapat berdampak pada emosi, dan sosial bagi remaja, hal tersebut yang memiliki andil besar pada loneliness yang rendah pada diri remaja, maka penting untuk mengidentifikasi hal tersebut agar dapat diberikan pencegahan sehingga remaja terhindar dari adiksi game online dan loneliness yang rendah, dimana kedua hal tersebut dapat memberikan dampak negatif pula pada aspek kehidupan lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada antara loneliness dengan adiksi game online pada remaja akhir. Adapun Hipotesis penelitian ini adalah ada Hubungan positif antara Loneliness dengan Adiksi Game Online Pada Remaja Akhir. subjek penelitian ini ialah remaja akhir sebanyak 160 orang berusia rentang 18-21 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah skala likert dengan teknik analisis data yaitu analisis korelasi product moment yang diinterpretasikan menggunakan kaidah-kaidah dalam perhitungan. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara loneliness dengan adiksi game online pada remaja akhir, Hasil penelitian ini memperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,258 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,067. Hal ini menunjukkan bahwa loneliness memiliki kontribusi terhadap adiksi game online sebanyak 6,7%. Sedangkan sebanyak 93,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Loneliness, Adiksi Game Online, Remaja Akhir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:37
Last Modified: 08 Jan 2025 06:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20761

Actions (login required)

View Item
View Item