Azny, Fahira (2024) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (40kB)
BAB I.pdf
Download (48kB)
BAB V.pdf
Download (25kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (51kB)
SKRIPSI FULL TEXT-FAHIRA AZNY-17081608 (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only
Download (129kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan stress akademik pada mahasiswa semester akhir di Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan stres akademik pada mahasiswa semester akhir. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 177 orang yang memiliki karakteristik mahasiswa semester akhir yang sedang mengambil skripsi. Metode pemilihan subjek dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Skala Stress Akademik dan Skala Kecerdasan Emosional. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh koefisien korelasi sebesar rxy = -0,151, menunjukkan adanya hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan stress akademik pada mahasiswa semester akhir di Yogyakarta. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R²) dalam penelitian ini sebesar 0,023, yang mana variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 23% terhadap stress akademik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stres Akademik, Kecerdasan Emosional, Mahasiswa Semester Akhir |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:50 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:50 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20801 |