PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN STRATEGY ON EMPOWERING WOMEN IN RUBI COMMUNITY ACTIVITIES IN 2024

SarI, Wiliya Anjun (2024) PUBLIC RELATIONS CAMPAIGN STRATEGY ON EMPOWERING WOMEN IN RUBI COMMUNITY ACTIVITIES IN 2024. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB 1.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kegiatan dan strategi
kampanye public relations #RUBIEmpowerinWomen yang dilakukan oleh
RUBI Community. Penelitian ini menggunakan metode studi deskripsi
kualitatif dan menghasilkan sebuah tulisan dari narasumber yang di
wawancarai serta pengamatan menggunakan penelitian terdahulu, serta
mengamati perilaku orang-orang yang diamati. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan adalah observasi, kemudian dilakukan wawancara dan
terakhir mengabadikan proses wawancara yaitu dokumentasi. Teori yang
digunakan peneliti untuk penelitian ini adalah teori kampanye public
relations dari Anne Gregory yaitu 10 tahapan kampanye yang terdiri dari,
Analisis, Saluran, Pesan, Tujuan, Strategi, Taktik, Alokasi, Sumber Daya,
Evaluasi, dan Tinjauan. Fokus kampanye adalahan menyuarakan hak
perempuan dan memberadayakan para wanita,dan menerapkan tagline
RUBI yaitu #RUBIEmpoweringWomen. Analisis masalah sebelum
melakukan kampanye yang penulis temui di penelitian ini yaitu dengan cara
melakukan monitoring kepada seluruh RUBI Gems/member RUBI dan
menggunakan isu – isu yang terkait dengan kesetaraan gender. Objek
merupakan RUBI Community yang menjadi sasaran peneliti untuk
menggali informasi. Strategi yang ditemukan oleh peneliti adalah RUBI
Community melakukan sebuah Assesment yang berupa memonitoring
semua RUBI Gems dari Batch 1-6 dimana semua boleh mengikuti
assesment yang dibuat oleh RUBI Community dan di informasikan pada
web RUBI Community yang hanya bisa di akses oleh RUBI Gems atau
member RUBI Community, TIM RUBI Community membuat misi – misi
yang sesuai dengan regulasi dari pihak Avoskin. Faktor penghambatnya
adalah terlalu banyaknya member RUBI yang membuat semua tidak
merata dan merasakan event offline atau kampanye yang diselenggarakan
secara langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Public Relations, Kampanye Public Relations #RUBIEmpoweringWomen, Strategi Kampanye Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 30 Dec 2024 03:46
Last Modified: 30 Dec 2024 03:46
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item
View Item