HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SHOLAT LIMA WAKTU DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA

ISLAMIYAH, DA’WATUL (2010) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SHOLAT LIMA WAKTU DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan sholat lima waktu dengan kecerdasan emosi pada remaja. Hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah ada hubungan psotif antara kedisiplinan sholat lima waktu dengan kecerdasan emosi pada remaja. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa sekolah menengah atas (remaja). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kedisiplinan sholat dan skala kecerdasan emosi. Tekhnik teknik analisis Product Moment dari Karl Pearson. Hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar rxy = 0,513 (p < 0,01), dengan taraf signifkansi 0,001 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kedisiplinan sholat lima waktu dengan kecerdasan emosi pada remaja. Koefisien determinan kedisiplinan sholat lima waktu dengan kecerdasan emosi sebesar (R²) sebesar 0,263. Hal ini berarti masih terdapat 74% variabel lain yang ikut mempengaruhi kecerdasan emosi yang tidak dilakukan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kedisiplinan Sholat Lima Waktu, Kecerdasan Emosi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:22
Last Modified: 12 Nov 2024 04:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21204

Actions (login required)

View Item
View Item