PENGARUH HARGA , JENIS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TEH MAHKOTA DEWA (Studi Kasus di PT Salama Nusantara Kulon Progo)

Frendy, Kosmas (2014) PENGARUH HARGA , JENIS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TEH MAHKOTA DEWA (Studi Kasus di PT Salama Nusantara Kulon Progo). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstrak.docx

Download (20kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Kosmas Frendy 12032051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel harga,
produk dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, dan menentukan
faktor yang paling dominan terhadap loyalitas konsumen teh mahkota dewa.
Sasaran penelitian adalah konsumen produk perusahaan PT Salama Nusantara
yang berada di wilayah Wates, Kulon Progo serta Sekitar D.I.Y. Variabel bebas
yang digunakan yaitu harga, produk dan kepuasan konsumen. Sedangkan
variabel terikatnya adalah loyalitas konsumen. Pengolahan data dilakukan
dengan analisis deskriptif dan kuantitatif yang meliputi. Karakteristik responden,
uji crosstabs, uji Chi-square, dan hubungan korelasi antara kedua variabel.
Menggunakan software SPSS versi 16,0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen produk
perusahaan PT Salama Nusantara adalah berusia dewasa dengan umur 36-55
tahun, tujuan membeli produk adalah untuk dikonsumsi sendiri, pembeli produk
kebanyakan adalah pria, konsumen yang membeli produk sudah memiliki
pekerjaan tetap, konsumen yang membeli produk tergolong dalam kalangan
konsumen yang pendapatan menengah keatas, kemasan kotak 130 gram lebih
disukai oleh konsumen, frekuensi pembelian konsumen rata-rata sebanyak 2-3
kali dalam sebulan, konsumen lebih tertarik membeli produk langsung ke tempat
pembuatannya.
Harga, produk dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang positif
dan signifikan terhadap loyalitas konsumen teh mahkota dewa. Demikian pula
harga, produk dan kepuasan konsumen mempunyai korelasi yang sangat
signifikan terhadap loyalitas konsumen teh mahkota dewa. Faktor yang paling
dominan terhadap loyalitas yaitu harga, memiliki nilai korelasi yang paling tinggi,
yaitu sebesar 0,752. Dibandingkan kedua faktor lainnya, yaitu produk sebesar
0,662, dan kepuasan konsumen sebesar 0,628.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Produk, Kepuasan konsumen, Loyalitas konsumen teh mahkota dewa
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:27
Last Modified: 13 Nov 2024 02:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21276

Actions (login required)

View Item
View Item