PENGARUH JENIS PRODUK, SITUASIONAL DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN PADA MAHASISWA UMBY

Qomaruddin, Qomaruddin (2014) PENGARUH JENIS PRODUK, SITUASIONAL DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN PADA MAHASISWA UMBY. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI QOMARUDDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abtraks.doc

Download (29kB)

Abstract

Keputusan membeli suatu produk ada pada diri konsumen karena pasar menyediakan berbagai pilihan produk dan merek beragam. Keputusan pembelian yang sering berulang-ulang oleh konsumen mempengaruhi tingkat mobilitas keterlibatan konsumen. mi instan kini semakin diminati oleh masyarakat indonesia terutama dikalangan mahasiswa karena kepraktisan penyajian dan harganya yang terjangkau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember 2013 sampai Maret 2014. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang pernah mengkonsumsi mi instan minimal satu minggu sekali. Dalam penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu keterlibatan konsumen (jenis produk, situasional, dan karakteristik individu) dan variabel terikat yaitu keputusan membeli. Sampel diambil 100 responden menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan crosstab dilanjutkan dengan chi square serta korelasi Spearman menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor jenis produk dan karakteristik individu memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan membeli mi instan karena memiliki nilai probabilitas kurang dari 0,05 sedangkan faktor situasional tidak berpengaruh signifikan. Ketiga faktor tersebut memiliki korelasi positif dengan keputusan membeli mi instan (p<0,05). Untuk faktor jenis produk berkolerasi lebih tinggi dengan keputusan membeli mi instan dibandingkan dengan faktor situasonal dan karakteristik individu dengan nilai correlation coefficient sebesar 0,839.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan konsumen, keputusan membeli, mi instan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:35
Last Modified: 14 Nov 2024 03:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21392

Actions (login required)

View Item
View Item