HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DI RST DR. SOEDJONO MAGELANG

Natania, Monika Kartika (2016) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DI RST DR. SOEDJONO MAGELANG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abtrak Indonesia Monika Kartika Natania-12081011.doc

Download (25kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Skripsi Monika Kartika Natania-12081011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Monika Kartika Natania-12081011.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas
pelayanan dengan kepuasan pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
di RST Dr. Soedjono Magelang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
adalah terdapat hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di RST Dr. Soedjono
Magelang. Subjek penelitian ini adalah pasien di RST Dr. Soedjono Magelang
yang menggunakan BPJS sebanyak 65 orang. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan metode convenience sampling. Alat pengumpulan data
menggunakan skala yaitu Skala Kepuasan Pasien dan Skala Kualitas Pelayanan.
Hasil analisis dengan uji korelasi product moment diperoleh (rxy) = 0,708
(p<0,01). Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kualitas
pelayanan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di RST Dr. Soedjono Magelang,
sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Semakin
kualitas pelayanan dipersepsi sebagai sesuatu yang positif, semakin tinggi pula
kepuasan pasien peserta BPJS di RST Dr. Soedjono Magelang. Sebaliknya
semakin kualitas pelayanan dipersepsi sebagai sesuatu yang kurang positif, maka
semakin rendah kepuasan pasien peserta BPJS di RST Dr. Soedjono Magelang.
Koefisien determinasi R2 yang diperoleh sebesar 0,501 artinya, kualitas pelayanan
memberikan sumbangan sebesar 50,1% terhadap kepuasan pasien peserta BPJS.
Hal ini sekaligus menegaskan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini sebesar 49,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, BPJS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 15 Nov 2024 03:42
Last Modified: 15 Nov 2024 03:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21440

Actions (login required)

View Item
View Item