PENGARUH PELATIHAN STRATEGI PENINGKATAN EFIKASI DIRI PADA GURU UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Helmystianti, Valorin Ergy (2017) PENGARUH PELATIHAN STRATEGI PENINGKATAN EFIKASI DIRI PADA GURU UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
NASKAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelatihan strategi
peningkatan efikasi diri pada guru dapat meningkatkan efikasi diri kemampuan
matematika siswa. Hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada
perbedaan efikasi diri kemampuan matematika siswa pada kelompok eksperimen
sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Hipotesis kedua yang diajukan dalam
penelitian ini adalah ada perbedaan efikasi diri siswa antara kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa
sekolah dasar kelas III. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
skala efikasi diri. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired
sample t-test dan independent sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa
pelatihan strategi peningkatan efikasi diri terhadap kemampuan matematika siswa
pada guru dapat meningkatkan efikasi diri siswa terhadap kemampuan matematika,
yaitu rxy 3.164. Sehingga hipotesis pada penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri kemampuan matematika, pelatihan strategi peningkatan efikasi diri, siswa kelas III SD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:40
Last Modified: 18 Nov 2024 03:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21566

Actions (login required)

View Item
View Item