Retnaningtyas, Rahayu (2008) PERBEDAAN KREATIVITAS FIGURAL DITINJAU DARI JENIS SEKOLAH (SEKOLAH DASAR KONVENSIONAL DAN SEKOLAH DASAR ALAM) DAN JENIS KELAMIN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
RAHAYU RETNANINGTYAS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (808kB)
BAB I.pdf
Download (317kB)
naskah publikasi.rtf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kreativitas
figural ditinjau dari jenis sekolah (sekolah dasar konvensional dan sekolah dasar
alam) dan jenis kelamin. Hipotesis yang diajukkan adalah (1) Kreativitas figural
siswa sekolah dasar alam lebih tinggi dari pada siswa sekolah dasar konvensional,
(2) Kreativitas figural anak laki-laki lebih tinggi dari pada anak perempuan.
Penelitian ini dilakukan pada 60 anak pada usia 8-10 tahun dan kelas III Sekolah
Dasar Negeri K dan Sekolah Dasar Alam I. Data penelitian diungkap dengan Tes
Kreativitas Figural yang merupakan adaptasi dari Circle Test dari Torrance.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Two Way Anava (Anava dua jalur).
Hasil analisis pertama yang dilakukan diperoleh koefisien perbedaan sebesar F =
4,046 ( p < 0,05), sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hasil analisis
kedua diperoleh koefisien perbedaan sebesar F = 3,490 (p>0,05), sehingga
hipotesis yang diajukkan ditolak. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat
disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan kreativitas figural anak dengan jenis
sekolah; kreativitas figural anak yang bersekolah di sekolah alam lebih tinggi dari
pada anak yang berekolah di sekolah konvensional, (2) tidak ada perbedaan
kreativitas figural dengan jenis kelamin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Figural, Jenis Sekolah, Jenis Kelamin |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 04:25 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 04:25 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21987 |