PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NON FORMAL DI KABUPATEN BANTUL

SURATIYAH, SRI (2017) PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI NON FORMAL DI KABUPATEN BANTUL. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of cover dan lampiran.pdf] Text
cover dan lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of tesis full text.pdf] Text
tesis full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Upaya pemberian rangsangan pendidikan dan mengembangkan setiap potensi anak, membutuhkan adanya peran dan kinerja guru yaitu sebagai penunjang keberhasilan anak usia dini dalam mengembangkan kreativitas dan segenap potensi yang ada pada anak. Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan transformasional dan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitiatif dengan jumlah subjek penelitian yang berjumlah 79 yang terdiri dari guru PAUD di Kecamatan Sedayu. Metode analisis yang digunakan panelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi kepemimpinan transformasional dan organizational citizenship behavior memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa persepsi kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja guru jika dibandingkan dengan pengaruh yang diberikan organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru.

Kata Kunci: Kinerja Guru, Persepi kepemimpinan transformasional, Organizational citizenship behavior

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Sarsono, SU
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Sains UMBY
Date Deposited: 05 Mar 2018 05:27
Last Modified: 22 Nov 2024 06:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item
View Item