STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI PERSUASIF PADA BANK SYARIAH DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN “BESTEE INTERSHIP” TERHADAP PELAKU UMKM DI KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I YOGYAKARTA

Wibowo, Abraham Satrio (2024) STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI PERSUASIF PADA BANK SYARIAH DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN “BESTEE INTERSHIP” TERHADAP PELAKU UMKM DI KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Skripsi Abraham Satrio Wibowo (200710368) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKSI] Text (NASKAH PUBLIKSI)
Naskah Publikasi- Abraham Satrio Wibowo 200710368.docx

Download (2MB)

Abstract

Saat ini pelaku UMKM di Indonesia memiliki kontribusi sangat besar dalam menggerakan roda perekonomian di Indonesia. Hal ini didukung dari data yang diperoleh Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2022 UMKM menyumbang 61,9% Produksi Domestik Bruto (PDB) Nasional. Tidak bisa dipungkiri, di masa sekarang perkembangan teknologi begitu masif sehingga menyebabkan peribahan di berbagai bidang, tak terkecuali pada pelaku UMKM. Sebagian besar pelaku UMKM masih mengalami berbagai tantangan seperti minimnya akses digitalisasi, kurangnya inovasi, dan sulit menembus pasar global. Pemberdayaan menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh pelaku UMKM. Untuk itu Bank Syariah hadir melalui program bestee internship. Komunikasi persuasif menjadi satu faktor terpenting dalam program pemberdayaan bestee internship. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif, dengan data yang diambil melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Dengan menggunakan teori AIDDA, hasil penelitian menunjukan bahwa dalam program pemberdayaan Bestee intership terhadap nasabah pelaku UMKM di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dilakukan berdasarkan konsep Teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision,Action). Terdapat dua pihak yang menyampaikan pesan persuasi yaitu Fasilitator pendampong dan Area Daya Spesialis (ADS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Pelaku UMKM, Program Pemberdayaan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 08 Jan 2025 08:09
Last Modified: 08 Jan 2025 08:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item
View Item