PENGARUH PELATIHAN GOAL SETTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

Diwangkoro, Matthias Pamoso (2017) PENGARUH PELATIHAN GOAL SETTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of FULLTEKS] Text (FULLTEKS)
SKRIPSI FULL TEXT FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tingkat motivasi belajar pada siswa setelah diberikan pelatihan goal setting lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat motivasi belajar pada siswa sebelum diberikan pelatihan goal setting. Penelitian ini dilakukan kepada lima (5) orang siswa kelas X SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Tidak terdapat kelompok kontrol dalam penelitian ini, sehingga lima siswa tersebut mendapatkan pelatihan goal setting. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data menggunakan Teknik analisis data Wilcoxon matched pairs signed-ranks test menunjukkan nilai Z yang didapat sebesar -2,032 dengan p value (Asymp. Sig 1 tailed) = 0,021 (p = <0,05). Hasil tersebut mengindikasikan adanya perbedaan tingkat motivasi belajar yang signifikan pada siswa antara sebelum diberikan pelatihan goal setting dan setelah diberikann pelatihan goal setting. Skor motivasi belajar subjek sebelum diberikan pelatihan lebih rendah (Mean = 82,60) dibandingkan dengan skor motivasi belajar subjek setelah diberikan pelatihan goal setting (Mean = 91,80). Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan goal setting dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pelatihan Goal setting, Siswa kelas X
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 09 Dec 2024 11:57
Last Modified: 09 Dec 2024 11:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22674

Actions (login required)

View Item
View Item