NURASIAH, NURASIAH (2017) LATIHAN MINDFULNESS UNTUK PENINGKATAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA REMAJA PANTI ASUHAN. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.
ABSTRAK.pdf
Download (181kB)
BAB I.pdf
Download (457kB)
BAB V.pdf
Download (92kB)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI 1.docx
Download (136kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan mindfulness untuk peningkatan subjective well-being pada remaja panti asuhan. Subjek pada penelitian ini sebanyak 5 orang remaja akhir yang memiliki skor subjective well-being sedang dan rendah yang diperoleh dari skala subective well-being yaitu skala PANAS dan SWLS. Rancangan eksperimen dalam penelitian ini adalah the one group pre-test – post-test design, dengan 3 kali pengukuran, yaitu pre test, post test dan folow up. Metode analisis data yang digunakan adalah uji statistik Non-Parametric Wilcoxon, dan menggunakan teknik analisis visuali Inspection. Dari hasil uji hipotesa diketahui bahwa pada pre test dan post test ada perbadaan peningkatan subjective well being yang signifikan pada subjek penelitian. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor subjective well-being sebelum diberikan latihan mindfulness = 137,4 dan setelah diberikan latihan mindfulness =159,6 dengan nilai Z = -2.023 dan p = 0.043 (p < 0.05). Artinya ada perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan latihan mindfulness, sehingga hipotesa dapat diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa latihan mindfulness dapat meningkatkan subjective well being remaja yang tinggal di panti asuhan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mindfulness, subjective well-being |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 12:58 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 12:58 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22681 |