Hidayat, Rahmat (2017) SUDAH PUBLIKASI. SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN METODE FUZZY MULTI-ATTRIBUTE DECISION MAKING EXPERT SYSTEM TO DETERMINE WHICH EMOTIONAL INTELLIGENCE WITH THE METHOD OF FUZZY MULTIPLE-ATTRIBUTE DECISION MAKING. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.
Bab 1.pdf
Download (204kB)
Bab 5.pdf
Download (91kB)
LAPORAN SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB) | Request a copy
Abstract
Kecerdasan emosional akhir-akhir ini menjadi perbincangan yang cukup hangat di kalangan masyarakat, masyarakat semakin sadar bahwa keberasilan tidak hanya cukup dengan keterampilan teknis dan pengetahuan ilmiah, namun juga dipengaruhi oleh kemampuan dalam mengendalikan emosi. Semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk mengetahui kemampuan tingkat emosi menjadi alasan untuk membuat sistem yang mampu menganalisis kecerdasan emosional. Dengan demikian dibutuhkan suatu sistem pakar yang dapat menentukan kecerdasan emosional. Dalam hal ini peneliti menggunakan ciri emosional terdiri dari 5 variabel yaitu, kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, empati diri, keterampilan sosial. Nilai dari kelima variabel akan dihitung dengan menggunakan metode Fuzzy Multi-Attribute Decision. Metode ini cukup efisien digunakan untuk menentukan nilai dari kecerdasan emosi tersebut. Sistem ini akan menghitung nilai kecerdasan emosi berdasarkan karakteristik yang ada. Dari kinerja sistem diperoleh kesimpulan bahwa hasil perhitungan yang dilakukan oleh sistem memperoleh akurasi sebesar 90%, sehingga sistem sudah berjalan dengan baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pakar, Kecerdasan Emosional, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making kecererdasan Emosional, PHP |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Sistem Informasi UMBY |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 13:28 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 13:28 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22685 |