STRATEGI CLICKBAIT JOURNALISM DALAM PRODUKSI BERITA DI MEDIA ONLINE RADAR JOGJA (Studi Kasus Praktik Clickbait Sebagai Strategi pada Headline Berita Viral di Radar Jogja Digital 2024)

Yusfiarista, Erlika (2024) STRATEGI CLICKBAIT JOURNALISM DALAM PRODUKSI BERITA DI MEDIA ONLINE RADAR JOGJA (Studi Kasus Praktik Clickbait Sebagai Strategi pada Headline Berita Viral di Radar Jogja Digital 2024). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
200710283-ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
200710283-BAB I.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
200710283-BAB V.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
200710283-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
200710283-FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
200710283-NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (231kB)

Abstract

Fenomena viral di era digital telah membawa perubahan signifikan dalam cara
media online menyajikan informasi, termasuk penerapan strategi clickbait
untuk menarik perhatian pembaca. Di tengah persaingan ketat dalam
ekosistem media digital, strategi clickbait menjadi alat yang efektif untuk
meningkatkan lalu lintas pembaca dengan memanfaatkan judul berita yang
menarik perhatian secara instan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi lebih dalam praktik clickbait journalism yang diterapkan pada
headline berita viral di Radar Jogja Digital, salah satu platform media online
di Indonesia. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis clickbait
yang digunakan berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Biyani,
Tsioutsiouliklis, dan Blackmer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang memungkinkan analisis
mendalam terhadap praktik clickbait journalism di Radar Jogja. Temuan
penelitian menunjukkan bahwa Radar Jogja menggunakan berbagai strategi
clickbait yakni exaggeration, inflammatory, ambiguous, teasing, formatting,
graphic untuk menarik klik pembaca. Meskipun demikian, Radar Jogja tetap
berusaha menjaga tanggung jawab jurnalistik dengan memastikan isi berita
sesuai dengan judul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: clickbait journalism, media online, berita viral, strategi headline
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:49
Last Modified: 16 Apr 2025 07:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23139

Actions (login required)

View Item
View Item