HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA

`ammulloh, Muhammad Fatih In (2025) HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak B.Indo & English.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Full Text Version (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf

Download (234kB)

Abstract

Mahasiswa menghadapi penurunan prestasi akademik yang tercermin dari IPK
yang menurun setiap semesternya, dipengaruhi oleh keterbatasan pemahaman
materi, motivasi yang rendah, dan pola pikir yang negatif. Faktor internal seperti
berpikir positif memegang peranan penting dalam meningkatkan prestasi
akademik/belajar, yang berdampak pada keberhasilan akademik dan peluang karier
yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
kecenderungan berpikir positif dengan prestasi belajar mahasiswa di Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil
analisis product moment diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,290 dan p
0,009 (p 0,050) yang berarti terdapat hubungan antara Berpikir Positif dengan
Prestasi Belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Berpikir Positif dengan
Prestasi Belajar pada mahasiswa di Yogyakarta. Hal ini menunjukkan hipotesis
peneliti diterima, semakin sering berpikir positif maka semakin positif prestasi
belajar mahasiswa, begitu pula sebaliknya semakin jarang berpikir positif maka
semakin rendah prestasi belajar mahasiswa. Hasil koefisien determinasi (R2)
menunjukkan bahwa variabel Berpikir Positif memberikan sumbangan efektif
sebesar 0,084. Jadi sumbangan efektif yang diberikan sebesar 8,4% terhadap
variabel Prestasi Belajar dan sisanya sebesar 91,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berpikir positif, prestasi belajar, mahasiswa di yogyakarta
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 04 Mar 2025 04:50
Last Modified: 04 Mar 2025 04:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23230

Actions (login required)

View Item
View Item