STRATEGI MANAJEMEN MEDIA ONLINE RADAR MALIOBORO DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA LOKAL DI YOGYAKARTA

Febriawan, Adek Ridho (2025) STRATEGI MANAJEMEN MEDIA ONLINE RADAR MALIOBORO DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MEDIA LOKAL DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
200710036-ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
200710036-BAB I.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
200710036-BAB V.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
200710036-FULL TEXT VERSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
200710036-Naskah Publikasi.pdf

Download (273kB)

Abstract

Perkembangan internet yang semakin pesat, membuat bertambahnya media online
di Indonesia. Salah satunya adalah media online lokal baru di Yogyakarta yaitu
Radar Malioboro. Hal ini menimbulkan sebuah persaingan antar media online.
Sebagai media online baru Radar Malioboro harus cerdas dalam membuat dan
mengolah strategi manajemennya untuk bersaing dengan kompetitor media lokal
yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui Bagaimana
Strategi Manajemen Media Online Radar Malioboro Dalam Menghadapi
Persaingan Media Lokal di Yogyakarta? Peneliti menggunakan metode penelitian
kualitatif jenis deskriptif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Peneliti menggunakan teori POAC
dari George R. Terry yang berisikan empat aspek yaitu Planning, Organizing,
Actuating, dan Controlling. Dari hasil temuan data, mulai dari aspek Planning
strategi yang dilakukan Radar Malioboro dalam penentuan konten beritanya yaitu
menyajikan berita yang bertema Evergreen. Pada tahap Organizing penyiapan
sumber daya manusianya dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya yang
sudah ada di Radar Jogja. Pada tahap Actuating Radar Malioboro melakukan
pembuatan beritanya dengan cara kurasi dari berbagai sumber yang tersedia
seperti media sosial, dan google. Dan yang terakhir tahap Controlling pengawasan
kinerja karyawan di Radar Mallioboro dilakukan secara rutin melalui rapat
mingguan. Dari empat aspek POAC tersebut merupakan poin penting dalam
manajemen media yang berperan besar dalam mencapai keberhasilan atau
kesuksesan media Radar Malioboro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Strategi Manajemen, Media Lokal, Radar Malioboro
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 16 Apr 2025 07:57
Last Modified: 16 Apr 2025 07:57
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/23376

Actions (login required)

View Item
View Item