EVALUSI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PIUTANG PADA YOGYAKARTA MARRIOTT HOTEL

Wisnugroho, Dias (2018) EVALUSI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PIUTANG PADA YOGYAKARTA MARRIOTT HOTEL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengevaluasi sistem pengendalian internal piutang pada Yogyakarta Marriott Hotel. Langkah-langkah dari penelitian ini dilakukan dengan melihat langsung kegiatan transaksi piutang yang terjadi di lapangan kemudian dicocokan dengan teori-teori mengenai pengendalian internal terhadap piutang, khususnya COSO.

Hasil dari penelitian ini ditemukan bagaimana berjalannya sistem pengendalian terhadap piutang pada Yogyakarta Marriott Hotel, diantaranya adalah adanya otorisasi oleh pejabat yang berwenang terhadap dokumen-dokumen yang digunakan, serta telah lengkapnya berbagai dokumen yang digunakan dalam hal transaksi piutang. Sedangkan evaluasi yang didapatkan diantaranya terjadiya kesalahan dokumen karena kurang telitinya dibeberapa bagian.

Kesimpulan dari penelitian tentang evaluasi sistem pengendalian piutang pada Yogyakarta Marriott Hotel, bahwa atas pengendalian piutang yang sudah cukup baik tersebut terdapat evaluasi yang harus segera diperbaiki. Dari evaluasi tersebut, Penulis memberikan beberapa rekomendasi pada Yogyakarta Marriott Hotel bahwa sebaiknya perusahaan dapat meningkatkan ketelitian serta konsistensi atas pekerjaan masing-masing bagian dengan berpedoman pada LSOP dari Marriott International.

Kata kunci : sistem pengendalian, piutang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Hasim As’ari, SE., MM
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 16 May 2018 03:49
Last Modified: 19 Aug 2022 03:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item
View Item