IMPROVING THE EIGHT GRADERS’ VOCABULARY THROUGH HOMOPHONE GAMES

Susanti, Susanti (2018) IMPROVING THE EIGHT GRADERS’ VOCABULARY THROUGH HOMOPHONE GAMES. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Susanti, 2018. Improving the Eight Graders’ Vocabulary through Homophone Games. Skripsi. Program Strata-1 Universita Mercu Buana Yogjakarta. Pembimbing: Elysa Hartaty Sukarwi, S.Pd ., M.Pd
Kata Kunci : Kosa Kata, Permainan Homophone, CAR/PTK
Siswa di SMP N 1 Seyegan berfikir bahwa belajar vocabulary sulit. Padahal kenyataannya vocabulary adalah elemen penting untuk berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosa kata siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP N 1 Seyegan Tahun Pelajaran 2016/2017 sebagai subject peneliti. Subjek dari penlitian ini berjumlah 32 siswa.
Penelitian ini menggunakan peneltian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan oleh peneliti yaitu tindakan kelas kolaboratif yaitu bekerjasama dengan guru bahasa Inggris sebagai kolaborator. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Anne Burns. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari tahap (Planning) perencanaan, (Action) tindakan, (Observation) observasi dan (Reflaction) refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif didapat melalui observasi dan interview, sedangkan data kuantitatif didapatkan melalui test (pre test dan post tes ) dan kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dalam penguasaan kosa kata siswa. Hal ini dapat dilhat dari hasil tes siswa. Hasil pretest menunjukan skor mean siswa sebesar 68 sedangkan skor rata-rata posttest sebesar 90. Hasil pretes menunjukan 50% atau 16 siswa yang mencapai nilai KKM. Dan meningkat menjadi 100% atau 32 siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian kriteria ketuntasan minimal telah tercapai. Dari data hasil kuesioner diketahui ada peningkatan respon positif yang diberikan siswa dalam proses belajar mengajar kosa kata menggunakan permainan homophone. meningkat sebesar 31% yang berarti bahwa siswa terbantu dalam meningkatkan kosa kata mereka melalui permainan homophone. Selain itu, hasil dari observasi dan interview menunjukan bahwa siswa termotivasi dalam kegiatan belajar megajar ketika diterapkan permainan homophone. Dengan kata lain, penerapan permainan homophone dalam membantu siswa dalam mengingat dan memahami kosakata baru. Dapat disimpulkan, bahwa peningkata kosa kata siswa meningkat menggunakan permainan homophone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pendidikan Bahasa Inggris UMBY
Date Deposited: 16 May 2018 03:42
Last Modified: 19 Aug 2022 00:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item
View Item