PELATIHAN METODE BELAJAR QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Hardiyanto, Hardiyanto (2018) PELATIHAN METODE BELAJAR QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa Pelatihan Metode Belajar Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan motivasi belajar pada siswa SMP sebelum dan sesudah diberikan Pelatihan Metode Belajar Quantum Learning. Siswa yang diberi pelatihan metode belajar quantum learning memiliki tingkat motivasi belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang tidak diberi pelatihan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Budya Wacana Yogyakarta yang berjumlah 52 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Motivasi Belajar yang bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar. Analisis data menggunakan dua cara yaitu analisis perbedaan Independent Sample T-test maupun Paired Sample T-test. Dari hasil perhitungan antara kelompok eksperimen dan kontrol sesudah diberikan perlakuan diperoleh t = 2,592 dengan p = 0,012. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan motivasi belajar setelah diberikan perlakuan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari perhitungan perbedaan skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen diperoleh t = -4,323 dengan p = 0,000. Hal tersebut berarti bahwa ada perbedaan motivasi belajar subjek kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan metode belajar quantum learning. Dari hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa pemberian Pelatihan Metode Belajar Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa SMP. Siswa yang mengikuti pelatihan lebih tinggi tingkat motivasi belajarnya dari pada siswa yang tidak mengikuti pelatihan.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Belajar, dan Quantum Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Metty Vera Sari, S.Psi., M.Psi.,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 24 Aug 2018 02:15
Last Modified: 18 Aug 2022 06:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3374

Actions (login required)

View Item
View Item