Haqiqi, Fariz Fauzan (2018) STRATEGI KOPING PADA SISWA YANG TINGGAL KELAS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (258kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (294kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (413kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (523kB)
BAB V.pdf
Download (293kB) | Preview
CAVER DAN LAMPIRAN FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
SKRIPSI FULL TEXT fix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tinggal kelas merupakan suatu pengalaman yang menyakitkan, sehingga kadang ada siswa menjadi malu untuk mengulang dikelas yang lama, karena belajar dengan teman yang baru yang usia relatif lebih muda. Selain itu siswa yang tinggal kelas biasanya akan mempengaruhi cara siswa tersebut dalam bersosial, karena adanya tekanan sosial, dan penilaian sosial terhadapnya. Apabila tekanan sosial tersebut tidak mampu ia atasi, maka akan timbul stres pada siswa tersebut. Upaya baik mental maupun perilaku untuk menguasai, mentoleransi, mengurangi, atau meminimalisasikan suatu situasi atau kejadian yang penuh tekanan disebut strategi koping. Strategi koping dibagi menjadi dua yaitu emotional focused coping (EFC) merupakan bentuk koping yang diarahkan untuk mengatur respon emosional terhadap situasi yang menekan dan problem focused coping (PFC) merupakan bentuk koping yang diarahkan kepada upaya untuk mengurangi tuntutan dari situasi yang penuh tekanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk – bentuk strategi koping pada siswa yang tinggal kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur dan observasi pada saat wawancara dilaksanakan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketiga partisipan baik ND, RG, ataupun AN pada awalnya sama-sama menggunakan emotion focused coping (EFC), namun pada akhirnya ketiga partisipan menggunakan problem focused coping (PFC).
Kata kunci: emotion focused coping, problem focused coping, siswa tinggal kelas.
xiii
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Kondang Budiyani, S.Psi., M.A., Psikolog Nadya Anjani R., S.Psi., M.Psi., Psikolog |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:58 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 06:10 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3900 |