PELATIHAN EFIKASI DIRI AKADEMIK UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hernawati, Tuti (2018) PELATIHAN EFIKASI DIRI AKADEMIK UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of TESIS FULL TEXT.pdf] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan efikasi diri akademik terhadap penurunan perilaku menyontek siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu pelatihan efikasi diri akademik dapat menurunkan perilaku menyontek siswa. Subjek penelitian sebanyak 30 orang dengan tingkat perilaku menyontek sedang sampai tinggi dan tingkat efikasi diri akademik rendah sampai sedang. Subjek ditempatkan secara random : 15 orang kelompok eksperimen (KE) dan 15 orang kelompok kontrol (KK). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku menyontek dan skala efikasi diri akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dan paired sample t-test. Hasil analisis independent sample t-test memperlihatkan koefisien t = -6,482 (p = 0,000). Hal ini menunjukkan ada perbedaan perilaku menyontek diantara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberi pelatihan efikasi diri akademik. Hasil analisis paired sample t-test diperoleh t = 18,240 (p = 0,000). Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan diantara perilaku menyontek pada siswa sebelum dan sesudah diberi pelatihan efikasi diri akademik. Dari data yang didapat maka disimpulkan bahwa pelatihan efikasi diri akademik efektif dalam menurunkan perilaku menyontek siswa.

Kata kunci : pelatihan efikasi diri akademik, perilaku menyontek

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Santi Esterlita Purnamasari
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:08
Last Modified: 16 Aug 2022 07:15
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3941

Actions (login required)

View Item
View Item