Rini, Rini PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP EKAKAPTI KARANGMOJO. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.
![[thumbnail of jurnal fix.docx]](http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
jurnal fix.docx
Restricted to Repository staff only
Download (714kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah dengan menerapkan metode penemuan terbimbing pada proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) teknik analisis data hasil belajar siswa; 2) teknik analisis data observasi dimana data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dengan menerapkan metode penemuan terbimbing dalam proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) hasil dan proses belajar siswa menjadi lebih baik setelah menerapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci : Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 05:18 |
Last Modified: | 21 Aug 2017 05:18 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/395 |