PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP EKAKAPTI KARANGMOJO

Rini, Rini PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP EKAKAPTI KARANGMOJO. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[thumbnail of jurnal fix.docx] Text
jurnal fix.docx
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah dengan menerapkan metode penemuan terbimbing pada proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) teknik analisis data hasil belajar siswa; 2) teknik analisis data observasi dimana data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dengan menerapkan metode penemuan terbimbing dalam proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) hasil dan proses belajar siswa menjadi lebih baik setelah menerapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci : Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 21 Aug 2017 05:18
Last Modified: 21 Aug 2017 05:18
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item
View Item