PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Hasni, Muslimah PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Naskah Publikasi Program Studi Matematika.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI (JURNAL SKRIPSI).pdf] Text
NASKAH PUBLIKASI (JURNAL SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Godean melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 2 Godean semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Instrumen penelitian ini diantaranya, lembar observasi dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu : think (berpikir), pair (berpasangan), dan share (mempresentasikan) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Motivasi belajar mengalami peningkatan dilihat berdasarkan hasil lembar observasi motivasi belajar sebesar 73,30% pada siklus I dan 84,94% pada siklus II. Sedangkan pada lembar angket motivasi belajar meningkat dari 71,70% pada siklus I menjadi 75,99% pada siklus II.

Kata kunci : Think Pair Share (TPS), Motivasi Belajar Matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:51
Last Modified: 11 Sep 2017 03:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item
View Item