KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BELAJAR SAVI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP EKAKAPTI KARANGMOJO

Guntari, Scania Esti KEEFEKTIFAN PENDEKATAN BELAJAR SAVI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP EKAKAPTI KARANGMOJO. Naskah Publikasi Prodi Pendidikan Matematika.

[thumbnail of JURNAL.doc] Text
JURNAL.doc
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keefektifan pemahaman konsep pythagoras (berupa nilai pretest dan post test) siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen di SMP Ekakapti Karangmojo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, tes dan angket. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan perlakuan dengan metode SAVI. Sedangakan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 maret ampai 1 april 2017 dengan melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas VIIIA dan VIIIB SMP Ekakapti Karangmojo.
Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji beda dan uji pengaruh. Dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas instrumen test yang digunakan penulis sudah dinyatakan valid dan reliabel dan dari hasil penelitian yang diukur dengan uji beda dan uji pengaruh ini menunjukan bahwa metode SAVI lebih efektif dibandingkan metode konvensional ditinjau dari aspek pemahaman konsep materi teorema pythagoras. Selain itu dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar diadakan penelitian lanjutan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:56
Last Modified: 11 Sep 2017 03:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item
View Item