KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AL FALAAH

Yuniarti, Yuniarti (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AL FALAAH. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana.

[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of THESIS SKRIPSI FULL.pdf] Text
THESIS SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Group Investigation (GI) ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Al Falaah. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian nonequivalen control group. Dimana dalam penelitian ini ada dua kelompok yang digunakan, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII A – VIII E MTs Al Falaah yang berjumlah 160 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII C dan VIII D. Dalam penelitian ini, kelas VIII D adalah kelompok kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas VIII C adalah kelompok eksperimen yang diterapkan model pembelajaran GI. Adapun instrument yang digunakan adalah tes prestasi belajar, dan angket motivasi belajar. Untuk mengetahui perbedaan keefektifan penggunaan model pembelajaran GI dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar siswa digunakan uji manova, dan untuk melihat variabel mana yang lebih efektif ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar siswa digunakan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran GI dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Al Falaah. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran GI lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Al Falaah.

Kata kunci: Motivasi, Prestasi, dan Group Investigation (GI)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd.,Si.,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:28
Last Modified: 19 Aug 2022 02:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item
View Item