HUBUNGAN ANTARA KETERBUKAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN

Nurhayati, Siti (2019) HUBUNGAN ANTARA KETERBUKAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of JUDUL DAN LAMPIRAN.pdf] Text
JUDUL DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara keterbukaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal pada remaja di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara keterbukaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal pada remaja di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Dalam penelitian ini pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, jumlah sampel sebanyak 123 remaja yang terdiri dari kelas X-XII. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala keterbukaan diri dan skala kemampuan komunikasi interpersonal, metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis product moment dari Pearson. Hasil analisis data diperoleh hasil korelasi rxy = 0,682 (p < 0,01) yang berarti bahwa terdapat hubungan positif antara keterbukaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal pada remaja di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyatakan bahwa hipotesis diterima. Variabel keterbukaan diri dalam penelitian ini mempunyai sumbangan efektif sebesar 43,2% terhadap variabel kemampuan komunikasi inerpersonal pada remaja di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Hal ini sekaligus menegaskan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 56,8%.

Kata kunci: keterbukaan diri, kemampuan komunikasi interpersonal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Kamsih Astuti, M.Si. Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 21 Feb 2019 10:02
Last Modified: 18 Aug 2022 10:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4530

Actions (login required)

View Item
View Item