Sari, Wahyu Dwi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NANGGULAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016 - 2017. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB 1.pdf
Download (346kB) | Preview
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (641kB)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (616kB)
BAB 5.pdf
Download (88kB) | Preview
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (521kB)
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (605kB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini b
ertujuan untuk mendeskripsikan
pengaruh model
p
embelajaran
Group Investigation
terhadap minat belajar dan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa k
elas VIII SMP N
egeri
1 Nanggulan
Kulonprogo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu dengan
pretest
-
posttest
control group design
. Penelitian ini
menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP N
egeri
1 Nanggulan
yang terdiri dari enam kelas. Sampel diambil secara
Purposiv
e
sampling
sebanyak
2 kelas yaitu kelas VIII E dan VIII F.
Pembelaj
aran matematika pada kelas VIII
E menggunakan model
konvensional d
a
n pembelajaran pada kelas VIII
F menggunakan model
pembelajaran
Group Investigation
. Instrumen penelitian adalah angket minat
belajar siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk
mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok model
pembelajaran
Group
Investigation
dan model
pembelajar
a
n
konvensional digunakan uji
manova
dan
untuk uji lanjut dilakukan uji
independent
–
sample t
-
test
untuk mengetahui variabel
mana yang memberikan pengaruh
lebih baik terhadap perbedaan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model
pembelajaran
Group Investigation
dan model konvensional pada minat belajar
maupun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP N
egeri
1
Nanggulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran
Group
Investigation
berpengaruh lebih baik terhadap minat belajar maupun kemampu
an
pemecahan masalah matematika siswa SMP N
egeri
1 Nanggulan.
Kata kunci
:
kemampuan p
emecahan masalah
,
Group Investigation
,
minat belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Heru Sukoco, S.Si., M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 08:24 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 01:30 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/481 |