PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NANGGULAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016 - 2017

Sari, Wahyu Dwi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NANGGULAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016 - 2017. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini b
ertujuan untuk mendeskripsikan
pengaruh model
p
embelajaran
Group Investigation
terhadap minat belajar dan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa k
elas VIII SMP N
egeri
1 Nanggulan
Kulonprogo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu dengan
pretest
-
posttest
control group design
. Penelitian ini
menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP N
egeri
1 Nanggulan
yang terdiri dari enam kelas. Sampel diambil secara
Purposiv
e
sampling
sebanyak
2 kelas yaitu kelas VIII E dan VIII F.
Pembelaj
aran matematika pada kelas VIII
E menggunakan model
konvensional d
a
n pembelajaran pada kelas VIII
F menggunakan model
pembelajaran
Group Investigation
. Instrumen penelitian adalah angket minat
belajar siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk
mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok model
pembelajaran
Group
Investigation
dan model
pembelajar
a
n
konvensional digunakan uji
manova
dan
untuk uji lanjut dilakukan uji
independent

sample t
-
test
untuk mengetahui variabel
mana yang memberikan pengaruh
lebih baik terhadap perbedaan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model
pembelajaran
Group Investigation
dan model konvensional pada minat belajar
maupun kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP N
egeri
1
Nanggulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran
Group
Investigation
berpengaruh lebih baik terhadap minat belajar maupun kemampu
an
pemecahan masalah matematika siswa SMP N
egeri
1 Nanggulan.
Kata kunci
:
kemampuan p
emecahan masalah
,
Group Investigation
,
minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Heru Sukoco, S.Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 13 Sep 2017 08:24
Last Modified: 19 Aug 2022 01:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item
View Item