Marfuati, Rifah (2019) Hubungan Konsep Diri Dan Persepsi Pola Asuh Authoritative Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa. Naskah Publikasi Program Studi Magister Psikologi Sains.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (54kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konse diri dan persepsi pola asuh authoritative dengan kemandirian belaja pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Yogyakarta, kelas 9. Teknik analisa data menggunakan analisis product moment dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara konsep diri dengan kemandirian belajar pada siswa Madrasah Tsananwiyah Negeri 1 Yogyakarta, dengan nilai koefeisen korelasi sebesar 0,551 dan p sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan positif antara persepsi pola asuh authoritative dengan kemandirian belajar pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Yogyakarta, dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,271 dan nilai sebesar 0,000 (p<0,05); ada hubungan positif antara konsep diri dan persepsi pola asuh authoritative dengan kemandirian balajar pada siswa Madrasah Tsananwiyah Negeri 1 Yogyakarta dengan nilai r sebesar 0,552 dan nilai R square 0,404atau 40,4 % , artinya bahwa 40,4 % variabel kemandirian belajar pada siswa dipengaruhi oleh konsep diri, dan persepsi pola asuh authoritative.
Kata kunci : Konsep diri, Persepsi pola asuh authoritative, Kemandirian belajar pada Siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Dr. Triana Noor Edwina DS., M.Si., Dr. Alimatus Sahrah,M.M.,M.Si., Dr. Kamsih Astuti, M.Si, |
Uncontrolled Keywords: | Hubungan Konsep Diri Dan Persepsi Pola Asuh Authoritative Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains |
Depositing User: | Magister Psikologi Sains UMBY |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 10:36 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 10:36 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/4863 |