Agustin, Detha (2017) IMPROVING PRIMARY STUDENTS' LISTENING SKILL BY USING READ-ALOUD STRATEGY. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
CHAPTER I.pdf
Download (173kB) | Preview
CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (207kB)
CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (396kB)
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (455kB)
CHAPTER V.pdf
Download (157kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Menyimak adalah ketrampilan penting dalam belajar bahasa inggris karena ini adalah
fondasi bagi ketrampilan lain seperti berbicara, membaca, dan menulis. Ini adalah
modalitas bahasa yang digunakan kebanyakan. Jika menyimak sebagai fondasi tidak di
kuasai; ketrampilan lain akan lebih sulit untuk dikuasai. Padahal, proses belajar mengajar
yang sesungguhnya di sekolah dasar jarang memberi pendengaran dalam kegiatan belajar.
Guru lebih menekankan pada membaca daripada menyimak dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini meneliti untuk mengetahui: (1) peningkatan prestasi belajar siswa dalam
ketrampilan menyimak dengan menggunakan strategi baca keras; (2) untuk
menggambarkan bagaimana strategi baca-ulang dapat meningkatkan kemampuan
menyimak siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Hal itu
dilakukan di SDN 1 Pedes untuk siswa kelas lima dan melibatkan 30 siswa yang terdiri dari
18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan
observasi, wawancara, tes (pre-test dan post test), dan dokumentasi yang dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif.
Hasilnya menunjukkan bahwa siswa meningkatkan kemampuan mendengar mereka
setelah mereka belajar bahasa Inggris dengan menggunakan Strategi Read-aloud. Terbukti
dari nilai tes post-test siswa (83) lebih tinggi dari nilai pre-test siswa skor (64). Para siswa
lebih antusias, menikmati proses belajar dan lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa
Inggris. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi baca-ulang dapat digunakan
sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Inggris
terutama keterampilan mendengarnya.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, keterampilan mendengarkan, siswa SD, Bacakeras.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Restu Arini,S.pd.,M.Pd |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pendidikan Bahasa Inggris UMBY |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 04:47 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 00:32 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/534 |