Pengaruh Terpaan Akun @matacinta.id dan Website MataCinta Terhadap Tingkat Minat Beli Produk @matacinta.id

Manumpahi, Vanessa Prawitha (2019) Pengaruh Terpaan Akun @matacinta.id dan Website MataCinta Terhadap Tingkat Minat Beli Produk @matacinta.id. Naskah Publikasi Prodi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat terpaan media sosial terhadap tingkat minat beli MataCinta pada followers akun Instagram @matacinta.id, sehingga teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, periklanan, media sosial, dan minat beli. Pada penelitian ini terpaan media sosial ditetapkan sebagai variabel pengaruh (X) dan minat beli sebagai variabel terpengaruh (Y). Tingkat terpaan diukur berdasarkan berapa banyak jenis media digunakan responden untuk mencari informasi berkaitan dengan MataCinta. Dalam komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh MataCinta, terdapat dua media sosial yang digunakan, yakni Instagram dan website. Minat beli merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian yang terdiri dari 4 tingkatan yakni minat eksploratif, referensial, transaksional, dan preferensial.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei, melalui kuesioner kepada sampel yang dipilih yakni sejumlah 340 responden yang merupakan followers dari akun Instagram MataCinta (@matacinta.id). Responden didapatkan melalui teknik simple random sampling, sehingga semua anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel penelitian. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Guttman dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas seluruh instrumen variabel tingkat terpaan media sosial dan tingkat minat beli dinyatakan valid dan reliabel. Data yang ditemukan menunjukkan nilai tingkat terpaan media sosial didominasi oleh responden pada kategori tinggi yakni sebanyak 177 responden (52,06%). Nilai pada tingkat minat beli didominasi oleh responden pada kategori tinggi yakni sebanyak 243 responden (71,47%). Nilai deskriptif persentase menunjukkan tingkat terpaan media sosial dan tingkat minat beli masuk dalam kategori sangat tinggi (76% - 100%). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan terdapat pengaruh yang sangat kuat dengan persentase pengaruh sebesar 65,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Nilai signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan analisis regresi sederhana dapat dipakai untuk memprediksi variabel tingkat minat beli (Y) dengan persamaan regresi Y = 0,380 + 1,773 (X). Hal ini sekaligus dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat terpaan media sosial terhadap tingkat minat beli MataCinta pada followers akun Instagram @matacinta.id.

Kata kunci: MataCinta, komunikasi pemasaran, terpaan media sosial, minat beli, Instagram, website

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: M. Nastain. S.Sos., I., M.Kom
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 19 Dec 2019 06:35
Last Modified: 19 Dec 2019 06:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6551

Actions (login required)

View Item
View Item