Wulandari, Keken Deastri (2019) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN STRES AKADEMIK PADA REMAJA DENGAN LATAR BELAKANG BROKEN HOME. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (92kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (237kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (154kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (500kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (374kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (307kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (230kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Remaja dengan latar belakang broken home yang berstatus sebagai pelajar rentan mengalami masalah-masalah dalam lingkungan pendidikan yang mengakibatkan tekanan bagi pelajar akan menyebabkan stres akademik. Stres akademik adalah perasaan tidak nyaman yang bersumber dari stressor akademik yang dinilai menekan sehingga memicu terjadinya ketegangan fisik, psikologis, dan perubahan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada remaja dengan latar belakang broken home. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan stres akademik pada remaja dengan latar belakang broken home. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 66 remaja dengan latar belakang broken home yang berusia 12-21 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Stres Akademik dan Skala Efikasi Diri. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Pearson Correlation. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi rxy = -0,433 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,000 (p<0,01) yang berarti ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan stres akademik pada remaja dengan latar belakang broken home. Nilai koefisien determinasi (R Squared) sebesar 18,8 % terhadap variabel stres akademik pada remaja dengan latar belakang broken home dan sisanya 81,2 % dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya motivasi berprestasi, adversity quotient, penyesuaian diri, dan dukungan sosial.
Kata kunci: stres akademik, efikasi diri, remaja dengan latar belakang broken home
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | stres akademik, efikasi diri, remaja dengan latar belakang broken home |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 06:34 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 06:34 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7061 |