Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Tipe Pictorial Riddle Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Fay, Ido Adna (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Tipe Pictorial Riddle Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[thumbnail of Jurnal.docx] Text
Jurnal.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta tahun ajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu), desain penelitian ini adalah mathed group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Taman Dewasa Jetis tahun ajaran 2018/ 2019 dengan jumlah populasi kelas VIII sebanyak 142 siswa. Teknik pengambilan sampel secara random sampling, dari 5 kelas terpilih 2 kelas, yakni kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran inquiry tipe Pictorial Ridlle lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model konvensional. Kesimpulannya ada pengaruh pembelajaran yang menggunakan model inquiry tipe Pictorial Ridlle terhadap prestasi belajar matematika.
Kata Kunci: Inquiry, Pictorial Ridlle, Prestasi Belajar, Matematika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:26
Last Modified: 22 Oct 2019 02:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7087

Actions (login required)

View Item
View Item