EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Nurtriana, Nanda Ade Ilma (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
15141003_NANDA ADE ILMA NURTRIANA_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu yang menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Godean dengan sample penelitian yang diambil dua kelas secara acak yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest, posttest. Unsur etnomatematika yang digunakan pada penelitian ini adalah bagian bagian dari rumah joglo yang ada di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 15,19. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika efektif terhadap pemahaman konsep siswa SMP.

Kata kunci: Efektivitas, Pendekatan Etnomatematika dan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Etnomatematika dan Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:39
Last Modified: 22 Oct 2019 02:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7095

Actions (login required)

View Item
View Item