Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Akademik Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren

Friantika, Dani (2019) Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Akademik Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Yang Tinggal Di Pondok Pesantren. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (155kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri akademik dengan
kesejahteraan psikologis pada mahasiswa yang tinggal di pondok
pesantren. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif
antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis
pada mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren, ada hubungan positif
antara efikasi diri akademik dengan kesejahteraan psikologis pada
mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren sebanyak 83 mahasiswa. Alat
ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kesejahteraan
psikologis, skala dukungan sosial teman sebaya dan skala efikasi diri
akademik. Hasil analsis korelasi parsial didapat korelasi antara dukungan
sosial teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis dimana efikasi diri
akademik dikendalikan (dikontrol) adalah 0, 362 dengan taraf signifikansi
0,002 p < 0,05. Hal ini menunjukan hipotesisi diterima dan terjadi
hubungan yang lemah antara dukungan sosial teman sebaya dengan
kesejahteraan psikologis jika efikasi diri akademik dikendalikan
(dikontrol), sedangkan arah hubungan adalah positif karena nilai r positif
artinya semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi
kesejahteraan psikologis pada tingkat efikasi diri akademik tertentu.
Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa hasil kontribusi dukungan
sosial teman sebaya terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa yang
tinggal di pondok pesantren memiliki sumbangan efektif sebesar 48, 6%
terhadap kesejahteraan psikologis. hasil analsis korelasi parsial didapat
korelasi antara efikasi diri akademik dengan kesejahteraan psikologis
dimana dukungan sosial teman sebaya dikendalikan (dikontrol) adalah
0,479 dengan taraf signifikansi 0,002 p < 0,05. Hal ini menunjukan
hipotesisi diterima dan terjadi hubungan yang sedang antara efikasi diri
akademik dengan kesejahteraan psikologis jika dukungan sosial teman
sebaya dikendalikan (dikontrol), sedangkan arah hubungan adalah positif
karena nilai r positif artinya semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya
maka semakin tinggi kesejahteraan psikologis pada tingkat dukungan
sosial teman sebaya tertentu. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa
hasil kontribusi efikasi diri akademik terhadap kesejahteraan psikologis
mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren memiliki sumbangan efektif
sebesar 61,0 % terhadap kesejahteraan psikologis.
Kata Kunci : Dukungan sosial teman sebaya, efikasi diri akademik, kesejahteraan
psikologis.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 11 Dec 2019 06:50
Last Modified: 11 Dec 2019 06:50
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7286

Actions (login required)

View Item
View Item