Harwatiningsih, Eka Novia (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN EMPATI DENGAN KESEJAHTERAAN DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS 7 DI SMP X PALANGKA RAYA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (35kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (282kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (199kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (336kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (468kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (152kB) | Preview
Dapus.pdf
Download (372kB) | Preview
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Skripsi Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Seorang siswa seharusnya memiliki tingkat kesejahteraan di sekolah yang tinggi,
perasaan sejahtera yang tinggi akan memengaruhi siswa memiliki keterikatan dengan
peningkatan hasil akademik, kehadiran siswa di sekolah, perilaku prososial siswa,
keamanan sekolah, serta kesehatan mental siswa. Pada kenyataannya masih ada siswa
memiliki tingkat kesejahteraan di sekolah yang rendah, hal ini ditunjukkan oleh siswa yang
menuturkan bahwa terkadang ada teman yang mengejek hal tersebut membuat kesal, sedih,
dan merasa ingin mengejek balik, selain itu ada juga teman yang menertawakan ketika
salah menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, hal ini menyebabkan siswa tersebut
merasa malu dan tidak ingin menjawab pertanyaan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah pada
siswa SMP kelas 7. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara
kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah pada siswa SMP kelas 7. Subjek
dalam penelitian ini berjumlah 75 orang yang memiliki karakteristik siswa atau siswi SMP
kelas 7 di SMP X. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur
Skala Kemampuan Empati dan Skala Kesejahteraan di sekolah. Teknik analisis data yang
digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis
data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,436 dengan p < 0,01. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan empati dengan
kesejahteraan di sekolah. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan
koefisien determinasi (R²) sebesar 0,190 yang berarti variabel kemampuan empati memberi
kontribusi sebesar 19% terhadap kesejahteraan di sekolah dan sisanya 81% dipengaruhi
oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | kesejahteraan di sekolah, kemampuan empati. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Psikologi UMBY |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:23 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:23 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8152 |