Hubungan Antara Kemampuan Empati Dengan Kesejahteraan Di Sekolah Pada Siswa Kelas 7 Di SMP X Palangka Raya

Harwatiningsih, Eka Novia (2020) Hubungan Antara Kemampuan Empati Dengan Kesejahteraan Di Sekolah Pada Siswa Kelas 7 Di SMP X Palangka Raya. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
17. Naskah publikasi.docx

Download (44kB)

Abstract

Seorang siswa seharusnya memiliki tingkat kesejahteraan di sekolah yang tinggi, perasaan sejahtera yang tinggi akan memengaruhi siswa memiliki keterikatan dengan peningkatan hasil akademik, kehadiran siswa di sekolah, perilaku prososial siswa, keamanan sekolah, serta kesehatan mental siswa. Pada kenyataannya masih ada siswa memiliki tingkat kesejahteraan di sekolah yang rendah, hal ini ditunjukkan oleh siswa yang menuturkan bahwa terkadang ada teman yang mengejek hal tersebut membuat kesal, sedih, dan merasa ingin mengejek balik, selain itu ada juga teman yang menertawakan ketika salah menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, hal ini menyebabkan siswa tersebut merasa malu dan tidak ingin menjawab pertanyaan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah pada siswa SMP kelas 7. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah pada siswa SMP kelas 7. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 75 orang yang memiliki karakteristik siswa atau siswi SMP kelas 7 di SMP X. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur Skala Kemampuan Empati dan Skala Kesejahteraan di sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,436 dengan p < 0,01. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,190 yang berarti variabel kemampuan empati memberi kontribusi sebesar 19% terhadap kesejahteraan di sekolah dan sisanya 81% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan di sekolah, kemampuan empati.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:22
Last Modified: 27 Dec 2021 02:22
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8153

Actions (login required)

View Item
View Item